Pas umur 2,5 tahun, tepatnya 11 April 2005, aku disekolahkan ibu di ECCD-RC Jl. Panjaitan Yogyakarta. Disana aku masuk pre-school, tepatnya TPA Edukatif (full day care). Aku sekolah dari jam 8.30 pagi sampai jam 4 sore. Jadi berangkatnya bareng ibu, pulangnya juga bareng ibu. Kegiatan disana lebih banyak bermain, tapi otomatis sambil belajar. Kalau pagi jam 10-an ada snack time. Jam 12 ada lunch time, setelah itu tidur siang.

Persiapan berangkat sekolah

Aku senang sekolah disana, guru pertamaku mbak Dewi, kami biasa panggil mama Dewi.

Itu yang ditengah adalah mama Dewi

Guruku yang lain adalah mbak Lita (asisten educator).

Ini aku sedang main perosotan, diawasi oleh mbak Lita

Guru terakhir adalah mbak Wendy dan kak Arif (sayang gak ada foto dengan kakak Arif).

Temanku disana banyak sekali, yang paling akrab adalah Oris (anaknya Pak Genthong, pelukis). Ada juga teman perempuanku namanya Sangpuan.

Ini aku sama Sang Puan, Oris dan mbak Wendy tidak kelihatan

Kegiatan di pre-school banyak sekali. Ada outbound, ada mini trip, dan sebagainya.

Salah satu kegiatan di pre-school… tidur siang….

Ini aku sedang belajar (tentu sambil bermain) di ruang balok

Sedang belajar science

Di perpustakaan baca koran sama mas Boy

Ini kegiatan outbound, bareng-bareng sama teman-teman Playgroup dan TK

Ini acara berenang di Hotel Bintama (Bintang Matahari)

Kalau mau pulang kan harus mandi, nah ini lagi mandi, dimandiin sama mbak Sangpuan

Sayang, aku sekolah disana hanya setahun lebih dikit. Terhitung per 15 Februari 2006, aku harus meninggalkan ECCD-RC, karena tempat tinggal kami lumayan jauh dari RC, dan tidak melewatinya lagi.

Oya, setelah pindah tinggal di Soropadan, ibu pernah ngajak aku ke Indrya Paramarta. Sebenarnya aku senang kalau jadi sekolah disana, tapi ternyata tidak jadi. Kata ibu, terlalu mahal untuk ukuran kami kalau sekolah disana.

Juga tahun ajaran 2006/2007 kemarin sebenarnya aku sudah registrasi di TK Fajar Ceria (TKIT) yang lokasinya di dekat RM Moro Lejar Cangkringan, tapi tidak jadi sekolah deh… karena sekolahnya tidak jadi jalan. Ibu juga coba cari informasi di TK Negeri 2 Sleman di Pakem supaya aku bisa masuk TK A, tapi ternyata tetap tidak bisa karena umurku per Juli 2006 belum ada 4 tahun. Kasihan aku ya … umurku sangat nanggung.. Tapi gak pa-pa deh.. aku gak malu kok kalau nanti masuk TK A tapi umurku hampir 5 tahun (kurang 4 bulan). Habis gimana lagi.. Allah memberi aku kelahiran ketika bulan Oktober….

Insyaallah tahun depan, tahun ajaran 2007/2008.